Pages

Sunday, 3 February 2013

IKHTISAR SURAH AL-ALAQ


SURAH AL-‘ALAQ
QS. Al-‘Alaq Ayat 1 - 5  (DORONGAN MANUSIA AGAR MAMPU BACA-TULIS)
1. Umat manusia, apalagi umat Islam, harus mengembangkan kemampuan baca-tulis untuk mendalami seluruh ayat Allah, baik qauliyah maupun kauniyah.
2. Membaca dan mendalami ayat-ayat Allah harus karena Dia dan dengan meminta bantuan-Nya, supaya ilmu yang dihasilkan bermanfaat bagi manusia.
3. Membaca atau meneliti ayat-ayat itu harus dilakukan berkali-kali, artinya secara terus-menerus, supaya terus-menerus pula meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan.
QS. Al-‘Alaq Ayat 6 – 8  (KETIKA BERKECUKUPAN MANUSIA DURHAKA)
1. Manusia cenderung lupa diri siapa dia dan apa asal-usulnya, ketika mereka sudah merasa mapan/berkecukupan, karena itu mereka kafir dan melakukan kejahatan terhadap manusia.
2. Tindakan itu disesalkan, karena itu harus ditinggalkan, sebab segala tindakan itu akan dipertanggungjawabkan nanti di akhirat.
QS. Al-‘Alaq Ayat 9 – 14  (PERBUATAN MANUSIA YANG MENENTANG AJARAN ALLAH SWT)
1. Melarang orang melakukan ibadah adalah kejahatan yang besar. Begitu juga memandang ajaran-ajaran Allah itu bohong. Siapa saja yang melakukan perbuatan itu akan diberi ganjaran oleh Allah.
2. Perbuatan yang baik dilakukan adalah membimbing orang ke jalan yang benar dan berbuat baik.
QS. Al-‘Alaq Ayat 15 – 18  (BALASAN NERAKA BAGI ORANG DURHAKA DAN MENDUSTAKAN AJARAN ALLAH SWT)
1. Mereka yang selalu membangkang dan melakukan kesewenang-wenangan antara lain dengan melarang orang mengerjakan ibadah agamanya diancam Allah akan dicabut nyawanya seketika.
2. Bila mereka melawan dengan meminta bantuan kelompoknya, maka Allah akan memanggil para Malaikat Zab±niyah untuk menghadapi mereka. Malaikat-malaikat itu adalah penjaga neraka, karena itu sangat bengis, sehingga mereka pasti akan binasa dan di akhirat masuk neraka.
QS. Al-‘Alaq Ayat 19  (PERINTAH UNTUK MENDEKATKAN DIRI KEPADA ALLAH SWT)
1. Allah tidak membenarkan orang melarang umat Islam melaksanakan ibadah agamanya dan melarang mereka menggunakan masjid untuk melaksanakan ibadah itu.
2. Umat Islam tidak perlu takut menghadapi ancaman yang tidak membolehkan mereka mengerjakan salat atau ibadah-ibadah lainnya dan menggunakan masjid untuk tempat melaksanakannya
Facebook Twitter Google+

Back To Top