Pages

Tuesday 18 June 2013

Jadwal Puasa Sunnah 2013M/1434H (Bulan Rajab dan Sya'ban) Menyongsong Bulan Ramadhan


Bulan suci akan menjelang hadir dihadapan kita. Seyogyanya bagi seorang Muslim yang taat kepada Allah dan ‎Rasul-Nya segera mempersiapkan diri guna menyonsong kedatangan “sayyidul asyhar”. Layaknya orang yang ‎ingin bertanding, dia harus mempersiapkan segalanya baik fisik ataupun mental. Sama hal nya kedatangan bulan ‎Ramadhan setiap Muslim jauh-jauh hari sebelumnya lazimnya melakukan pemanasan berupa menjalankan puasa-‎puasa sunnah kususnya di bulan-bulan yang mendekati bulan Ramadhan yaitu Rajab dab Sya’ban. Melakukan ‎peemanasan leawat jalan puasa sunah memberikan efek kalau istilah jawa disebut “kulino” terbiasa biyar nanti ‎ketika menjalankan puasa Ramadhan tubuh tidak kaget terutama dalam menahan lapar dan dahaga. Dalam ‎mendorong demi bangkitnya semangat, penantian menuju bulan suci Ramadhan diiringi dengan doa yang disebut ‎dalam hadis “Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Syaban dan sampaikanlah kami ke bulan ‎Ramadhan.” ( ‎HR. Thabrani dan Baihaqi).‎ Mari mempersiapkan segala kekuatan baik jasmani maupun rohani ‎menghadapi datangnya bulan Ramadahan yang penuh berkah. Berikut adalah jadwal puasa sunnah (Rajab dan Sya'ban) yang mengiringi ‎datangnya bulan suci Ramadhan. Dibawah penjelasan disertai kalender Jadwal Puasa Sunnah 2013M/1434H (Bulan Rajab dan Sya'ban) Menyongsong Bulan Ramadhan:‎
    Tampilan Kalender dari Mei s/d Agustus 2013

Mei 2013

Juni 2013

 Juli 2013


 Agustus 2013





Menjadi catatan bahwasannya menjalankan puasa sunnah pada bulan rajab dan sya'ban yaitu puasa senin dan kamis, puasa di pertengahan bulan Qomariyah 13, 14, 15 Hijriyah, dalam penanggalan versi kudus disebutkan puasa sunnah di bulan Rajab 1-10 hari. Sedangkan puasa hari-hari selain itu diniatkan sebagai puasa mutlak.

Jadwal diatas merupakan uraian singkat Jadwal Puasa Sunnah 2013M/1434H (Bulan Rajab & Sya'ban) Menyongsong Bulan Ramadhan. ‎Penjelasan lebih lanjut mengenai puasa sunnah lengkap silahkan dibaca disini Jadwal Puasa Sunnah Lengkap Tahun 2013.
Selamat menjalankan Ibadah Puasa !!!‎
Facebook Twitter Google+

Back To Top