Pages

Monday, 23 September 2013

Cara Membuat Sate Kambing Gurih Dengan Bumbu Kecap Manis (Momen Idul Adha 2013)

Sate merupakan hidangan yang sangat populer di Indonesia; di berbagai suku bangsa dan tradisi seni memasak telah menghasilkan berbagai jenis sate. Di Indonesia, sate dapat diperoleh dari pedagang sate keliling, pedagang kaki lima di warung tepi jalan, hingga di restoran kelas atas, serta kerap disajikan dalam acara-acara tertentu lainnya.

Hampir segala jenis daging dapat dibuat sate. Sebagai negara asal mula sate, Indonesia memiliki variasi resep sate yang kaya. Bahan dasar membuat sate pun banyak ragamnya, misalnya: daging kambing, ayam, sapi, kerbau, unta, domba, ikan, udang, cumi-cumi, kelinci, telur puyuh, jeroan, serta ada juga sate dari bahan-bahan nabati seperti: tempe, tahu, dan jamur.  Ragam bahan Sate yang ada tersebut dapat disajikan dengan aneka bumbu, ada bumbu kacang atau kecap manis, disertai potongan bawang merah dan mentimun.

Pada momen Idul Adha atau Hari Raya Kurban segenap masyakat Muslim pasti identik dengan pengolahan daging. Disetiap rumah-rumah akan mendapat jatah bagian daging dari para panitia kurban dari Masjid atau Instasi lainnya. Daging Kambing adalah salah satu bahan yang biasanya diperoleh masyarkat pada gelaran Hari Raya Akbar saat itu. Menu Sate merupakan target utama favorit sebagaian besar khalayak umum. Oleh karena itulah, guna memberikan cara mudah memasak daging kambing menjadi olahan sate, maka kami akan menghadirkan Cara Membuat  Sate Kambing Gurih Dengan Bumbu Kecap Manis yang akan dijelaskan mendetail dengan langkah dan  proses pembuatan yang mudah dan pastinya gurih (lezat).


Bahan Dasar:
½ kg daging kambing, potong dadu 2 cm. disertai15 tusuk sate yang sudah direndam didalam air mendidih.

Bahan-bahan Sate Kambing yang Dioles:
5 daun jeruk, diiris halus
10 bawang merah, diiris halus
1 sdm merica bubuk
200 ml kecap manis
2 sdm air jeruk nipis

Bahan Bumbu Kecap:
15 bh cabe rawit, iris halus
10 btr bawang merah, iris halus
5 sdm kecap manis
1 sdt merica bubuk
2 sdm air jeruk

Bahan Pendukung:
¼ kg kol.
5 buah tomat.
6 bawang goreng untuk taburan

Cara Membuat:

1. Cuci daging kambing, tiriskan.
2. Tusuk dengan tusukan sate, setiap tusuk diisi dengan 5 potong daging kambing, diberi renggangan sedikit pada setiap daging, jangan terlalu mepet.
3. Campur semua bahan bumbu untuk olesan sate (sda).
4. Oleskan sate dengan bumbu lalu bakar sate dibara api (dengan kayu arang) dan dikipasi, sambil sesekali dioles-olesi dengan sisa bumbu sampai daging kambing benar-benar matang dan bumbu meresap.
5. Buat bumbu kecap dengan cara mencapur semua (sda).
6. Sajikan sate kambing bersama bumbu kecap dan bahan pendukung, serta sajikan dengan nasi putih panas, ketupat, atau lontong.


Tentunya mudah Cara Membuat Sate Kambing Gurih Dengan Bumbu Kecap Manis, semoga bermanfaat.

Facebook Twitter Google+

Back To Top